What’s Inside? Nature Photography

  • 2 mins read

What’s Inside? Nature Photography

Foto : Sindy Süßengut

Ketertarikan manusia pada alam telah ada jauh sebelum munculnya fotografi. Hal ini terlihat dari banyaknya lukisan pemandangan yang dihasilkan. Lukisan-lukisan ini menjadi tanda atau bukti bahwa potret lanskap telah menjadi objek utama inspirasi bagi sang seniman. Nature Photography dapat terjadi karena kebetulan mereka bepergian jauh dan ingin mendokumentasikan atau mendokumentasikan tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi, kemudian untuk ditunjukkan kepada orang lain dimensi yang telah dia kunjungi. Tentu ada juga motif komersial yang biasa dilakukan oleh fotografer profesional.

Foto : Gleb Lucky

Nature Photography adalah fotografi pemandangan alam atau subjek fotografi lainnya yang diambil atau direkam sealami mungkin tanpa perlu perubahan atau penataan atau desain. Isi foto bisa juga berisi orang atau hewan atau tumbuhan atau pohon atau rumput atau objek lain, tetapi fokus objek fotografi alam ini adalah persepsi suasana alam. Yang ingin dicapai dalam fotografi alam semacam ini adalah keindahan artistik dan alami dari objek foto. Biasanya fotografi alam mengambil gambar gunung, pantai, suasana arsitektur perkotaan, langit, air terjun, cuaca, laut, dan lain-lain.

Foto : Jeffrey Workman

Dalam jenis fotografi alam atau nature photography ini, fotografer tidak melakukan apa pun yang dapat mengubah tampilan subjek fotonya, tetapi hanya menangkap kondisi alam, keindahan alam yang mentah, dan segala isinya. Objek fotonya dibuat sealami mungkin. Dalam proses fotografi alam ini, penting untuk memperhatikan waktu pengambilan foto yang tepat, letak arah cahaya, dan kondisi cuaca agar mendapatkan efek dan kejelasan objek foto yang diinginkan, seperti kejernihan gambar. Fotografi alam itu layaknya seni lukis, tetapi tidak dengan cat di atas kanvas, tetapi dengan media cahaya.

Foto : Sean Oulashin

Menunjukkan sedikit atau tidak ada aktivitas manusia, dan diciptakan dalam mengejar kemurnian, sebuah penggambaran alam murni tak ternoda tanpa pengaruh manusia, bukan menampilkan objek, seperti bentang alam yang sangat ditentukan, cuaca, dan cahaya ambient.

Air terjun, pantai, laut, dan pegunungan sangat populer dalam nature photography. Tokoh-tokoh penting fotografer lanskap adalah Ansel Adams, Galen Rowell, dan Edward Weston.

Penulis : Tito Al Manafi

Editor : Defia Okarisma

Share
Tweet
Pin

Discover More