Umur Bukan Masalah di Per(kuli)an

  • 1 min read

Umur Bukan Masalah di Per(kuli)an

Sebagus bagusnya desain rancangan seorang arsitek dan setinggi-tingginya profesi seorang arsitek, karyanya tidak akan bisa menjadi kenyataan tanpa adanya Kuli Proyek atau orang kerap menyebutnya Kuproy. Kuproy dapat dikatakan menjadi penentu akhir dari karya seorang arsitek. Tidak bisa sembarangan, Kuproy juga perlu memiliki keahlian khusus.

Rudi, 63 tahun, telah menjalani profesi sebagai kuli bangunan selama 20 tahun terakhir. Pria paruh baya asal Cirebon itu, banyak menghabiskan waktunya di Tangerang untuk bekerja. Dorongan nasib memaksanya untuk merantau. Hari-hari jauh dari keluarga, harus dilaluinya. Namun, semua itu ia lalui juga untuk keluarganya.

Pekerjaan Rudi dapat dikatakan rentan mengganggu kesehatan. Namun, pria yang juga difabel tersebut tetap semangat menjalani hari-harinya. Berkat kerja kerasnya itu, membawa Rudi dipercaya menggarap sejumlah proyek skala nasional. Rudi pernah dikirim ke Lombok untuk membangun tribun di Mandalika dan jalan tol di era Jokowi. Semua itu menjadi kebahagian bagi Rudi, baginya umur juga bukan menjadi kendala, yang mematahkan semangatnya.

Syafrial Maula Asfahani

Share
Tweet
Pin

Discover More