Tujuh Belasan bersama Hamzah Batik

  • 2 mins read

Tujuh Belasan bersama Hamzah Batik

“Tujuh belasan” merupakan hari libur nasional di Indonesia untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap tahunnya, pada tanggal 17 Agustus seluruh rakyat Indonesia merayakan ulang tahun Republik Indonesia dengan meriah. Mulai dari upacara bendera hingga berbagai macam perlombaan masyarakat, seperti lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, tarik tambang, hias sepeda, dan lain-lain. Selain mengibarkan bendera merah putih, masyarakat juga memasang umbul-umbul dengan pola merah putih pada sepanjang jalan desa, kota, dan provinsi serta menghiasi lingkungan dengan nuansa merah putih sebagai representasi dari warna bendera negara sebagai wujud nasionalisme untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Salah satu tempat yang mengadakan acara tujuh belasan yaitu Hamzah Batik. Hamzah Batik ini tepatnya terletak di Jalan Malioboro bersebelahan dengan Istana Kepresidenan serta berseberangan dengan Benteng Vredeburg dan Pasar Beringharjo. Toko yang sudah berdiri sejak 1979 ini merupakan pusat dunia batik dan cenderamata di Yogyakarta. Pada peringatan ulang tahun ke-77 Republik Indonesia, Hamzah Batik mengadakan acara seperti upacara bendera serta perlombaan seperti makan kerupuk dan mencari koin di dalam tepung yang diikuti oleh para karyawannya. Terdapat juga tempat untuk para pengunjung yang ingin mempelajari cara membatik yang diutamakan untuk anak kecil. 

Dalam acara yang dilaksanakan di pagi hari tersebut, para karyawannya memperagakan dengan memakai baju seperti anak sekolahan. Ada yang menjadi guru dan ada yang menjadi muridnya. Hamzah batik juga  menyambut para pengunjung dengan mendekorasi tokonya dengan sedemikian rupa agar terlihat ikut merayakan ulang tahun Republik Indonesia.

Penulis : Fayadhiko Wicaksono

Editor : Defia Okarisma

Share
Tweet
Pin

Discover More