Kunjungan FINIC dalam Rangka Studi Banding FOTKOM 401

  • 3 mins read

Kunjungan FINIC dalam Rangka Studi Banding FOTKOM 401

Sebagai salah satu organisasi fotografi yang masih aktif dan eksis hingga saat ini, FOTKOM 401 menjadi tujuan FINIC yang merupakan organisasi fotografi dari UKM Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk melakukan kegiatan studi banding.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih dua jam dari Kota Solo, 20 anggota FINIC tiba di Kampus II UPN “Veteran” Yogyakarta yang langsung disambut oleh para pengurus inti FOTKOM 401 di Kawasan Pentagon.

Diskusi antara FOTKOM 401 & FINIC dalam kegiatan studi banding di Pentagon Kampus II UPN “Veteran” Yogyakarta

Kegiatan studi banding diawali dengan sambutan dari masing-masing ketua organisasi. Dalam sambutan Ketua FOTKOM 401, Fayadhiko Wicaksono mengucapkan selamat datang dan mengharapkan acara berjalan lancar serta kedua organisasi dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola organisasi maupun event-event fotografi yang biasa dilaksanakan, seperti hunting bersama, workshop fotografi, hingga pameran fotografi. Begitu pula Ketua FINIC, Fitrah Fajarianto mengharapkan kegiatan studi banding ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi bagi kedua organisasi untuk merekatkan hubungan antarorganisasi dan menciptakan lingkungan komunitas fotografi yang harmonis.

Ketua Divisi Aset dan Properti FINIC, Rifky M. Shodiq sedang menyampaikan pendapat mengenai pengelolaan inventaris organisasi.

Sebenarnya, dalam kegiatan studi banding ini tidak jauh berbeda dengan sharing session di mana kedua organisasi saling bertukar pengalaman serta pendapat mengenai pengelolaan organisasi. Terdapat beberapa poin penting dalam diskusi tersebut terutama mengenai pengelolaan aset milik organisasi yang disampaikan oleh Ketua Divisi Aset dan Properti FINIC, Rifky M. Shodiq bahwa aset milik organisasi bisa juga disewakan kepada pihak eksternal organisasi dengan mempromosikannya melalui media sosial organisasi. Hal ini menjadi sesuatu yang baru bagi FOTKOM 401 yang mungkin oleh Divisi Kesekretariatan akan dicoba pada periode ini.

Dari FINIC sendiri banyak berdiskusi mengenai alur kegiatan pameran yang biasa dilakukan oleh FOTKOM 401, mulai dari bagaimana penentuan konsep, proses pemotretan, kurasi karya, terutama mengenai layouting karya di galeri. Reza Dwiki selaku Ketua Divisi Pameran menyampaikan bahwa layouting karya di galeri dikonsultasikan kepada kurator dan dieksekusi oleh divisi karya dalam acara pameran.

Diskusi tersebut berlangsung selama kurang lebih empat jam di mana masing-masing divisi dari kedua organisasi menyampaikan pengalaman serta pertanyaan untuk dapat memperoleh sudut pandang baru dalam mengelola organisasi.

Ketua FINIC (Kiri) berfoto bersama Ketua FOTKOM 401 (Kanan)

Di akhir acara, Ketua FINIC memberikan kenang-kenangan berupa plakat yang diterima oleh Ketua FOTKOM 401 serta beberapa oleh-oleh dari Kota Solo. Di sisi lain, FOTKOM 401 memberikan salah satu merchandise kaos sebagai bentuk kenang-kenangan.

FOTKOM 401 & FINIC berfoto bersama di akhir kegiatan studi banding.

Sebelum anggota FINIC melanjutkan perjalanan untuk menghadiri kegiatan Pameran Serufo di Museum dan Tanah Liat, kedua organisasi melakukan foto bersama. Dari kegiatan ini, diharapkan kedua organisasi dapat semakin mempererat hubungan dan dapat bekerja sama untuk tetap menjaga eksistensi komunitas fotografi di tingkat kampus.


Penulis: Mohammad Haniffatullah Sidik

Editor: Defia Okarisma

Share
Tweet
Pin

Discover More