Fine Art Photography: Sarana Mengekspresikan Diri

  • 3 mins read

Fine Art Photography: Sarana Mengekspresikan Diri

Foto: Olga Karlovac

Fotografi seringkali identik dengan visual yang jelas, tajam, dan berwarna. Namun, beberapa fotografer memilih jalan sebaliknya untuk mengekspresikan diri lewat karya mereka. Salah satunya lewat genre fine art photography. Sebagian dari kalian mungkin masih agak asing mendengar genre ini karena memang belum ada definisi pasti mengenai genre ini. Apabila dibandingkan dengan genre fotografi lain, genre ini lebih menitikberatkan nilai estetika, intelektual, dan imajinasi yang terkandung dalam suatu foto. Lewat genre ini, fotografer juga dapat lebih mengekspresikan diri mereka karena tidak ada batasan khusus.

Fine art photography cenderung mengkomunikasikan sebuah foto melalui emosi dibandingkan dengan logika. Sebagai contoh, ketika kalian mengamati sebuah foto bergenre fine art photography maka kalian akan berusaha untuk mengenali atau pun berusaha menginterpretasikan maksud dari foto tersebut menggunakan insting kalian untuk memproses objek, warna, maupun lekukan yang kalian amati, sehingga membentuk sebuah persepsi atau bahkan menimbulkan teka-teki di benak orang yang menikmati karya foto bergenre fine art photography.

Menciptakan sebuah karya bergenre fine art photography tidaklah mudah untuk dilakukan. Seorang fotografer harus memahami dan menyelaraskan beberapa elemen, seperti mata, otak, dan kamera. Fotografer juga harus mempunyai kemampuan dalam menuangkan ide-ide yang ada dalam kepala mereka dan mewujudkannya dalam bentuk foto sehingga dapat menghasilkan karya yang mempunyai makna dan visual menarik serta dapat membangkitkan sisi emosional orang yang melihat karya tersebut. 

Olga Karlovac, seorang fotografer yang berasal dari Kota Zagreb, Kroasia menjadi salah satu fotografer yang mengadopsi genre fine art photography. Berbagai karya yang telah ia buat berhasil membuat banyak orang terpukau. Ia begitu pandai menempatkan objek dan berbagai elemen lainya sehingga menghasilkan komposisi foto yang sempurna. Olga Karlovac mempunyai ciri khas tertentu yang membuat setiap fotonya menjadi unik. Jika dilihat, semua karya yang ia hasilkan selalu berwarna hitam-putih, blur, dan mempunyai kontras tinggi. Teknik pengambilan foto yang digunakan oleh Olga Karlovac dapat dikatakan cukup unik, dimana ia menggunakan long exposure dan gerakan kamera yang disengaja dengan tujuan untuk mendapatkan foto yang blur. Perpaduan antara personal style dan teknik pengambilan gambar yang digunakan inilah yang menjadikan karya milik Olga Karlovac menjadi terlihat dramatis dan misterius.

Foto: Olga Karlovac

Apabila kita melihat beberapa karya milik Olga Karlovac mungkin yang pertama kali terbesit dalam pikiran kita adalah “Fotonya kok aneh sih? Masa foto blur kayak gini ada yang beli? Padahal cuma hitam putih, gak jelas lagi fotonya”. Terkadang memang sulit untuk memahami arti dari sebuah foto yang mempunyai genre fine art photography karena rata-rata mereka menciptakan sebuah karya semata-mata hanya untuk memenuhi kepuasaan mereka sendiri. Namun, hal tersebut justru membuat genre fotografi ini mempunyai keunikan tersendiri.  

Penulis        : Denny Kristianto Mukti Stefanus

Editor        : Defia Okarisma

Share
Tweet
Pin

Discover More