Ciptakan Cerita melalui Karya Fotografi

  • 2 mins read

Ciptakan Cerita melalui Karya Fotografi

Banyak orang yang dapat mengabadikan segala momen dengan memotret, namun tidak semua orang dapat menciptakan jepretan foto itu menjadi sebuah cerita. Sebenarnya, fotografi merupakan salah satu cara yang dapat kita gunakan untuk menciptakan sebuah perasaan yang mempengaruhi orang lain. Hal itu dapat diartikan juga bahwa fotografi sebagai salah satu pilihan media yang dapat kita gunakan untuk bercerita. 

Untuk menciptakan sebuah cerita dari jepretan foto ini dibutuhkan beberapa foto untuk dapat menyampaikan pesan ceritanya. Karena jika dengan satu jepretan foto saja kadang masih kurang dapat dipahami bagaimana cerita yang ingin disampaikan melalui foto tersebut. Oleh karena itu, tidak hanya dibutuhkan pengetahuan untuk menciptakan hasil foto yang baik melainkan juga membutuhkan keterampilan untuk bercerita. Sehingga, kita membutuhkan kerja sama antara otak, mata, dan hati untuk menentukan bagaimana angle dari objeknya serta kapan waktu yang tepat untuk menjepret foto yang akan disusun sebagai sebuah cerita tersebut.

Biasanya, dalam melakukan pemotretan ini membutuhkan waktu lebih dari satu hari, namun hal itu tergantung apakah inti cerita yang akan disampaikan melalui rangkaian foto ini sudah terpenuhi ataukah belum. Sebuah rangkaian foto yang bercerita ini biasanya memiliki benang merah yang dapat mengaitkan antara satu foto dengan foto yang lain. Benang merah merupakan sesuatu yang dapat menghubungkan beberapa faktor menjadi satu kesatuan. Dalam fotografi, hal itu dapat berupa subjek foto yang sama, komposisi, atau tempat dan topik yang sama.

Beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam menciptakan cerita dari fotografi ini adalah harus menentukan topik cerita yang akan disampaikan apakah mengenai profesi seseorang atau tentang lingkungan. Lalu, mencari informasi lebih dalam mengenai topik yang akan disampaikan. Setelah itu, baru kita dapat melakukan pemotretan cerita fotografi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jika semua hasil foto telah terkumpul dapat kita lakukan pemilihan foto untuk dapat kita rangkai sesuai dengan cerita yang akan kita sampaikan agar orang yang melihat hasil foto kita mengetahui inti dan detail dari cerita yang kita sampaikan. 

Jadi, dengan fotografi pun kita dapat menyampaikan cerita dan perasaan kita tanpa harus mengungkapkannya dengan kata – kata. 

Penulis : Anggi Septhia Wardani

Editor : Defia Okarisma

Share
Tweet
Pin

Discover More