Black and White Photography: Menikmati Value Gambar Monokromotik

  • 2 mins read

Black and White Photography: Menikmati Value Gambar Monokromotik

Pada tahun-tahun awal di dunia fotografi, fotografi hitam putih merupakan sebuah standar yang mana elemen hitam putih pada foto tersebut menghasilkan gambar monokromatik sesuai dengan teknologi kamera saat itu. 

Foto digital pertama yang diambil pada tahun 1957 merupakan foto hitam putih seorang bayi bernama Walden Kirsch, foto tersebut memiliki resolusi 176 x 176 pixel, satu bit per pixel, dan warna monokrom (hitam-putih). Foto tersebut dihasilkan oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Russell A. Kirsch di Institut Nasional Standar dan Teknologi dalam mengembangkan versi digital biner dari teknologi yang ada.

Masing-masing karya fotografi hitam putih memiliki kesan yang cenderung mengikat batin dan berkesan mendalam. Hal ini disebabkan oleh pemanfaatan permainan gelap terang pada gradasi warna hitam-putih tanpa menghilangkan detail dapat memunculkan rasa nostalgia dan emosional tertentu bagi setiap orang.

Hitam dan putih tentunya menjadi warna yang hanya dikenal dalam fotografi hitam putih, Gradasi dan kepekatan warna hitam putih yang tercipta menjadi pembeda dalam membentuk gambar pada karya foto tersebut. Warna pada foto hitam putih tidak ada istilah warna tersebut salah, warna tersebut terlalu jenuh atau over saturated, dan warna tersebut pudar karena semua ini dipengaruhi oleh temperatur sumber cahaya yang tersedia.

Orang-orang yang menikmati karya fotografi hitam putih biasanya lebih fokus ke sisi emosional melalui visualisasi yang ia lihat dan jarang sekali dikacaukan oleh elemen warna lainnya. Tidak dipungkiri juga bahwa gradasi hitam putih menjadi kekuatan bagi fotografi hitam putih untuk menekankan sisi emosional pada foto tersebut.

Selain elemen warna gradasi hitam putih, foto hitam putih juga memiliki andalan lainnya dalam membuat foto tersebut lebih emosional dan membawa pesan yang kuat apabila dibandingkan dengan foto berwarna. Elemen seperti bentuk dan garis menjadi kombinasi yang disertai dengan elemen gradasi hitam putih dalam membentuk value pesan pada karya fotografi hitam putih.

Nah, tidak begitu mengherankan foto hitam putih lebih menghasilkan estetika sehingga sampai sekarang pun masih banyak yang menikmati karya fotografi hitam putih. Anggota Fotkom lainnya pun masih banyak yang melakukan fotografi hitam putih. Jadi, Sobat Fotkom jangan ragu untuk menghasilkan jepretan foto hitam putih yang baik!

Penulis : Muhammad Khansa Wijaya Putra   

Editor : Defia Okarisma

Share
Tweet
Pin

Discover More